adminsite

13 October 2019

No Comments

Home Blog

Biar kesannya tidak hutang, karena tadi sempat janji

Biar kesannya tidak hutang, karena tadi sempat janji

Pagi menjelang siang tepatnya, ada yang chat minta diceritain gimana jadi relawan, tapi karena masih jam terapi saya bilang nanti, sekarang masih ada anak-anak.

Nahh, mungkin hanya sepengkal cerita secara pribadi. Karena setiap orang punya cerita tersendiri.

Sekitar maret 2018 saya gabung menjadi relawan, saat itu libur panjang masuk smstr 5. Salah seorang kakak tingkat menyarankan ikut pelatihan terapis. Tanpa berpikir panjang dan dari pada tidur-tiduran dirumah saya pun mengiyakan dan menanyakan di mana posisi.
Keesokan harinya saya pun pergi dengan niatan dari rumah ikut pelatihan terapis.

Tidak salah, di hari itu juga ada assesment anak oleh psikolog yang kebetulan beliau mengisi kelas untuk relawan terapis khususnya menggunakan metode ABA.

Dua bulan penanganan saya menjadi relawan terapis pendamping, sebatas observasi perilaku anak.

Sekitar bulan ketiga diberi tanggung jawab memegang satu anak. Kebetulan dengan diagnosa Down Sindrom. Sebelum penanganan tentu mempelajari hasil assesment dan juga mengkemas program-programnya.

Mahasiswa Pertanian?

Iya saya mahasiswa pertanian, yang mata kuliahnya tidak ada “psikologi pendidikan atau semacamnya” benar-benar belajar. Sering kali uring-uringan, karena si anak belum juga ada perkembangan. Pernah hampir nangis karena merasa gagal.

Pada saat parenting orang tua mengenai Anak Berkebutuhan Khusus ada sesi tanya jawab dan berbagi pengalaman. Salah satu orang tua mengatakan “Setelah mendapat terapi disini Alhamdulillah anak saya ada perkembangan, sekarang mulai mengikuti intruksi, mulai bisa duduk tenang dst.” Disana saya meneteskan air mata yang sesungguhnya, sangat bahagia. Ternyata benar, tidak ada usaha yang sia-sia.

Dan sampai hari ini tahap penyelesaian skripsi. Yang tentunya menjadi relawan tidak mengganggu urusan akademis maupun organisasi saya.

Alhamdulillah bisa belajar tentang banyak hal terlebih cara bersyukur dan arti kesabaran.

Itu saja dari saya, semoga ada gambaran.
Dan maaf ini foto lama kami

https://bit.ly/2ooE2g0 (link pendaftaran Relawan)

Hello
Powered by